Total Tayangan Halaman

Kamis, 12 Januari 2012

Pendidikan Sebagai Sentral Pembangunan Peradaban yang Unggul.

Berbagai kritik pedas muncul dalam berbagai forum, baik yang formal maupun melalui sejumplah aksi mahasiswa yang turun ke jalan dengan kata teriakan "pendidikan telah gagal dalam menjalankan amanah pancasila" yakni mecerdaskan kehidupan bangsa. beberapa dasawarsa ini kalau kita perhatikan  pendidikan di indonesia telah banyak mengalami perubahan, baik itu dari segi sistim, kebijakan dan politik pendidikan itu sendiri. yang kadang-kadang tidak sejajalan dengan asas pancasila sebagai dasar pembangunan bangsa ini, dan pergeseran politik , kebijakan pemerintah sering kali tidak memperhatikan pada aspek kondisi kultur sosial masyarakat yang mna lebih menekankan pada nilai-nilai simbolis, formalitas tanpa memperhatikan nilai esensial yang hendak dicapai dalam setiap proses pendidikan.
hal semacam itu terjadi salah satunya karna dipengaruhi oleh kekuasaan rezim yang menguasai pemerintahan di negri ini. karna pada dasarnya setiap pemerintahan yang berkuasa dalam suatu negara memiliki visi ataupun misi yang berbeda dari masa pemerintahan sebelumnya maupun sesudahnya. hal ini yang sangat dominan mempengaruhi terhadap pasang surutnya perkembangan dunia pendidikan. karna walaupun bagaimana pendidikan selalu diselenggarakan di atas kebijakan pemerintah baik itu kebijakan yang berpotnsi positif terhadap perkembangan pendidikan atau sebaliknya. Pendidikan merupakan dasar untuk membangun kebudayaan nasional yang menghasilkan suatu produk yaitu peradaban. "Tanpa pendidikan budaya sebagai modal, tidak akan lahir suatu produk peradaban seperti teknologi, seni, politik, ekonomi dsb.
 Pembangunan di bidang pendidikan, politik dan ekonomi, setidaknya harus mampu melahirkan kebudayaan yang unggul. "pendidikan, Politik dan ekonomi hanyalah instrumen atau alat saja, bukanlah tujuan utama suatu negara.
hanya dengan membangun peradaban dan karakter yang baik, melalui keuletan, optimisme, kerja keras, kerukunan antar masyarakat, akan lahir Indonesia yang mempunyai budaya unggul. salah satu cara yang dapat kita tempuh sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang kita miliki ialah membangun peradaban yang unggul melalui pendidikan, meningkatkan profesionalitas tenaga kependidikan, seperti guru harus memiliki kompetensi yang medadai untuk menjalankan tugas dan wewnangnya sebagai seorang pendidik. karna salah satu kunci utama atau instrumen terpenting dalam pendidikan ialah peran dan fungsi seorang pendidik itu sendri yang akan mampu mengantarkan pendidikan mencetak generasi yang akan mewarnai peradaban yang unggul dan berkuwalitas nantinya.
dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS disebutkan bahwa.
"Pendidikan alah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara".
semoga kedepan apa yang termuat dalam UU No 20 thn 2003 tersebut dapat teraplikasikan dengan baik, sehingga pendidikan akan mampu memberikan kontribusi positif seperti yang diharapkan dlam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk wktu mendatang. sekarang sudah saatnya kita kaum muda untuk merubah keadaan, realitas menjadi lebih baik melalui apa yang kita bisa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar